by : tung desem waringin
Career Revolution,
merupakan tujuan bagi orang yang bekerja : Cepat Naik Pangkat dan Dapat Gaji
dan Bonus yang Besar
Saya pribadi
pernah bekerja delapan tahun di sebuah Bank Swasta Terbesar di Indonesia, dari
tahun 1992-2000. Mulai masuk bekerja sebagai MDP (Management Development
Program) atau Kader Pemimpin.
baca juga : cara memastikan usaha untung
baca juga : cara memastikan usaha untung
Belajar terlebih dahulu selama 15 bulan. Setiap minggu ulangan,
setiap 3 bulan ujian seperti ujian skripsi. Tidak lulus boleh mengulang sekali.
kalau masih belum berhasil, akan dikeluarkan dari MDP.
Ternyata setelah
lulus MDP, karir saya termasuk sangat cepat. Hanya dalam waktu 21 bulan setelah
lulus MDP, saya diangkat menjadi Wakil Pemimpin Kantor Cabang Utama di Cabang
kelas Wilayah (Cabang Besar).
![]() |
Cara cepat naik pangkat dan naik gaji |
Sukses dua tahun sebagai Wakil, kemudian dipromosi menjadi Kepala
Cabang Utama. Gaji juga mengalami lonjakan sangat besar, sekitar 1200% atau
duabelas kali lipat dalam waktu 6,5 tahun berkarir. Dan pindah ke perusahaan
baru dengan posisi Senior Vice President, dengan gaji 3 kali lipat dari yang
sudah naik duabelas kali.
baca juga : kata-kata lambat dan kata-kata cepat dalam kehidupan anda
baca juga : kata-kata lambat dan kata-kata cepat dalam kehidupan anda
Ini rahasia nya:
· Bisa dipercaya.
· Punya nilai tambah.
· Berperilaku menyenangkan.
· Dikenal orang yang tepat dalam jumlah yang
banyak.
Mari kita
bahas satu persatu Rahasia diatas.
· Bisa
Dipercaya
Tidak bisa dipercaya tidak ada karir! Selesai. Titik. Hal ini
adalah syarat mutlak dalam berkarir. Kadang ujian bisa dipercaya atau tidak
sangat tipis.
baca juga : 10 hal penting yang harus di perhatikan dalam memilih pembalut wanita yang cocok di segala usia
baca juga : 10 hal penting yang harus di perhatikan dalam memilih pembalut wanita yang cocok di segala usia
Misal waktu saya menjadi wakil pemimpin, saya tidak tahu bahwa
penggunaan telpon pribadi dimonitor oleh atasan saya.
Untung saat itu setiap bulan saya minta print penggunaan telpon
dengan kode password saya dan penggunaan interlokal pribadi saya keluarkan dan
saya bayar pribadi.
Saya baru tahu ketika wakil pemimpin yang lain marah-marah karena
diminta membayar penggunaan telpon pribadi.
baca juga : 6 faktor utama yang mempengaruhi dan menentukan kesehatan manusia
baca juga : 6 faktor utama yang mempengaruhi dan menentukan kesehatan manusia
Juga anda tidak
pernah tahu anda sedang di tes atau tidak oleh atasan anda. Contoh satu hari
saya diminta oleh Wakil Presiden Direktur untuk mendatangi sebuah perusahaan,
dan oleh pemilik perusahaan tersebut saya diberi amplop ucapan terima kasih dan
tentu saja ini adalah hal terlarang di perusahaan saya, maka saya tolak.
Eh sore harinya saya di telpon oleh Wapresdir yang merangkap
Kepala Divisi HRD (sekaligus anak pemilik perusahaan!), diberi ucapan selamat
bahwa saya lolos tes, dan siap untuk dipromosi jadi pemimpin cabang!
Bisa terbayang bila saat itu saya tidak lolos tes. Tidak ada
promosi. Tidak ada karir lagi. Masuk daftar black list. Tunjukkan anda bisa
dipercaya dalam hal besar maupun hal kecil
.
· Punya
Nilai Tambah
Diakui atau
tidak, sadar atau tidak, ketika kita berkarir, kita akan dibandingkan dengan
rekan kita.
Usahakan kita
punya nilai tambah lebih dari orang lain. Caranya: Ambil tanggung jawab lebih,
kerja ekstra. Dan yang terbaik adalah jadi yang terbaik di Bidang yang sedang
dimonitor, atau kita buat atasan mengetahui bidang yang kita terbaik.
Cara jadi yang
terbaik;
a. Secara sadar
kita menentukan bahwa kita mau jadi yang terbaik.
b. Alasan sangat
kuat untuk menjadi yang terbaik, demi orang-orang yang kita cintai.
c. Belajar dari
yang Terbaik.
Ketika berkarir
saya mendapatkan prestasi Hasil Audit Terbaik di Indonesia, Pertumbuhan
Pemegang Kartu ATM Terbesar, Pertumbuhan Kartu Kredit Terbesar, Tingkat Mati
Mesin ATM Terendah Seluruh Indonesia dll. Semua tercapai karena melakukan tiga
hal di atas.
· Berperilaku
Menyenangkan
Berarti kita sopan santun sesuai dengan budaya perusahaan,
inisiatif menyelesaikan masalah tanpa disuruh, semangat, antusias, positif. Dan
sadar 3 T dalam berbicara. Timing, Teknik, dan Tempatnya.
· Dikenal
orang yang Tepat dalam jumlah yang banyak
Percuma kalau kita
hebat hanya dikenal oleh office boy. Pastikan atasan yang kompeten menaikan
gaji, serta mempromosikan kita tahu kelebihan anda.
Satu hal lagi, pastikan yang tahu bukan hanya atasan kita
langsung, juga atasan kita yang lain, bahkan atasan atau pemilik perusahaan lain.
baca juga : jenis-jenis mindset orang
baca juga : jenis-jenis mindset orang
Ikut organisasi, perkumpulan, asosiasi. Berani tampil , jadi
pengurus, jadi ketua. Dulu saya aktif di Asosiasi Management Indonesia, bahkan
sempat menjadi Ketua Umum hampir satu periode di kota Malang dan satu periode
di kota Jakarta.
Dengan kita dikenal banyak orang maka selain kita lebih dihargai
di dalam perusahaan, kita juga dihargai di luar perusahaan.
Akhir kata, semoga
artikel ini memberi strategi serta motivasi sehingga karir anda terjadi
revolusi, naik pangkat dan naik gaji dengan cepat!
artikel terkait :
artikel terkait :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar